Tips Praktis untuk Pemula

Mulai Menulis

Menulis bagi mereka yang sudah ahli tentu menjadi mudah. Namun yang paling sulit adalah memulai. Ketika anda baru menulis, lakukan hal-hal berikut ini.

1. Lakukan beberapa latihan singkat untuk melenturkan tulisan.

Ikuti pelatihan yang terarah. Cari mentor yang memiliki karya dan sudah teruji, sehingga latihan anda semakin meningkat dari hari kehari.

2. Biasakan menulis setiap hari, meski hanya sepuluh menit.

Kadang kita berusaha mencari waktu yang sangat luang untuk menulis. Akhirnya justru tidak pernah menulis karena merasa tidak punya waktu. Yakinkan saja untuk menulis, meski hanya 10-30 menit setiap hari. Tidak peduli kalaupun anda hanya dapat 1 paragraf.

3. Bawa catatan/perekam untuk ide-ide.

Sekarang ini banyak sekali aktivitas kehidupan orang dan peristiwa di sekitar kita yang bisa menjadi ide. Siapkan catatan atau perekam, atau anda bisa memanfaatkan fasilitas di handphone anda.

4. Olahraga dan rekreasi agar anda tidak jenuh.

Menulis itu bukan pekerjaan ramai-ramai. Karenanya kalau belum terbiasa, anda akan sangat mudah jenuh. Lakukan olahraga rutin dan rekreasi. Pilih olahraga yang cocok untuk anda. Rekreasi juga tidak harus ke tempat yang jauh dan berbiaya mahal, anda bisa wisata di sekitaran kota tempat tinggal anda. Ajak keluarga dan teman-teman agar lebih menyenangkan.

5. Biasakan menyelesaikan yang kecil, untuk menyelesaikan yang besar.

Tidak usah bermimpi yang muluk untuk langsung menyelesaikan novel 400 halaman. Cukup buatlah target-target kecil untuk menyelesaikan naskah yang sudah anda rancang. Misalnya 1 hari 1 paragraf. Menyelesaikan ini secara terus menerus akan membuat anda terlatih untuk menjadi penulis yang sesungguhnya.

Itulah lima tips praktis untuk pemula. Tips produktif ini akan mendorong anda untuk lebih banyak menghasilkan tulisan.

Jadi Penulis Produktif

http://andipublisher.com/produk-0214005068-jadi-penulis-produktif-gampang-koqjadi-p.html

Happy Writing, Be A Good Writer 🙂
*Jadi Penulis Fiksi? Gampang Kok!
*Jadi Penulis Skenario? Gampang Kok!
*Jadi Penulis Produktif? Gampang Koq!
*Jadi Penulis Nonfiksi? Gampang Kok!

Ari Kinoysan Wulandari

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *