Waktu yang Ideal untuk Menulis

Beli buku versi cetak dan bertandatangan bisa wa.me/6281380001149.

Sebenarnya siy nggak ada waktu yang benar-benar ideal untuk menulis. Setiap orang berbeda keadaannya. Setiap penulis berbeda target dan orientasinya. Jadi tidak pernah bisa disamaratakan. Masing-masing penulis harus menyesuaikan dengan kemampuan dan kepentingan yang hendak dituju. Berikut ini hal yang berkaitan dengan waktu ideal untuk menulis, yang bisa jadi pertimbangan.

Saya pribadi tidak pernah bisa menjawab pertanyaan tersebut. Menulis adalah ranah kerja pribadi. Ketika merancang sebuah naskah, sebenarnya penulis telah mengalokasikan sejumlah rencana dan waktu untuk menyelesaikannya.

Artinya, ketika rancangan naskah sudah siap, penulislah yang bisa menghitung berapa waktunya yang ideal untuk menulis sesuai dengan kerumitan naskah, ketersediaan bahan, kesulitan penulisan, hingga kapasitas penulis, waktu, dan dana yang tersedia.

Seorang penulis pemula mungkin perlu waktu setahun untuk menulis naskah 200 hlm saja, tetapi penulis yang profesional mungkin perlu sebulan saja.

Ibu rumah tangga yang juga mompreneur mungkin perlu 1 tahun menulis buku singkat 50 hlm, tapi mbak mbak yang mahasiswa mungkin perlu seminggu untuk tulisan 50 hlm.

Setiap orang kondisinya berbeda-beda. Oleh karena itu, dirinya sendirilah yang bisa menentukan waktu ideal menulis. Termasuk kapan atau jam berapa ia bisa menulis.

Berapapun waktu anda menulis, konsistenlah. Karena sedikit demi sedikit akhirnya bukit juga. Ketekunan dan kesabaran itulah yang membuat naskah anda terselesaikan dengan baik.

Selamat mencari dan menghitung waktu yang ideal untuk menulis. Pastikan anda merampungkan naskah dengan baik.

Ari Kinoysan Wulandari

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *