Memilih Klien di Dunia Penulisan

Gambar sekedar ilustrasi. Dokumentasi Ari Kinoysan Wulandari.

1. Jadi ghostwriter atau menulis biografi memang jalan cepat dapat duit banyak dari menulis. Tapi ya ini dapatnya nggak selalu mudah. Cari kliennya sulit sulit gampang. Tapi kalau sekali dapat, biasanya terus saja. Nah, saya tidak tahu bagaimana cara memilih klien untuk ghostwriter atau biografi, karena setiap kali beda orang beda model pendekatannya.

2. Yang jelas kalau manajer saya oke, umumnya saya oke saja. Tidak banyak keribetan. Baru kalau manajernya setengah yakin setengah enggak, saya perlu bertemu dan bisa lihat niy orang masalah apa enggak.

3. Eh yang namanya masalah klien itu nggak cuma urusan sulit atau nggak bayar lho. Klien beribet revisi bongkar bongkir materi itu juga problem yang bikin emosi jiwa. Klien sulit diajak kompromi, itu juga keribetan.

4. Jadi dalam model kinerja apapun, yang berkaitan dengan ghostwriter dan biografi, pastikan anda senang pada orangnya (kliennya), senang pada materinya, dan asyik duitnya juga. Atau ya pertimbangkan sesuai keperluan anda. Kalau tidak, jangan sekali-kali memaksakan nanti makan hati; bisa langsing mendadak 😂 Meskipun ada banyak penulis yang karena pertimbangan harga tinggi lalu mengabaikan lainnya. Saya wes emoh begitu, berat ujiannya. Karena versi saya kerja menulis, saya pun kudu senang dari awal.

5. Ada model-model klien yang tak terduga yang mungkin tidak saya kenali. Tapi kalau sepanjang semua oke oke saja, ya tidak apa. Meskipun mungkin ada banyak karakter orang yang tidak seide dengan pikiran saya.

6. Yang penting Teman-teman, jangan terima klien karena terpaksa. Sengsara nanti. Karenanya kalau jadi penulis harus bagus mengatur keuangan agar tidak ada alasan terima klien semata mata karena uang.

7. Menulis bukan tukang ketik. Anda harus pake otak; pikiran, hati, energi, waktu dll yang tidak sedikit. Kalau nggak senang nggak ikhlas, percayalah anda hanya akan terbebani 2x atau 3x dari energi yang semestinya sudah cukup untuk merampungkan satu buku. Jadi pilih pilih klien itu penting agar oke semuanya.

Ari Kinoysan Wulandari

#arikinoysanwulandari #ariwulandari #arikinoysantips #klien #biografi #ghostwriter

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *