Promosi Buku di Sosial Media

Series Panduan Penulisan yang Praktis. Pesan buku cetak bisa wa.me/6281380001149

Promosi buku di media sosial (medsos) adalah strategi yang sangat efektif untuk mencapai audiens yang lebih luas dan membangun komunitas pembaca yang aktif. Sering kali kita sebagai penulis buku merasa enggan untuk mempromosikan karya sendiri.

Hal yang paling sering terdengar saat saya mengajak para penulis buku untuk mempromosikan karya, mereka menolak dengan beragam alasan. Mereka beralasan kalau posting buku atau karya mereka di sosmed, minim tanggapan, nggak ada like, tanda cinta, apalagi komentar. Bahkan sering kali dilewatkan begitu saja.

Padahal sejatinya nggak ada identitas jejak yang tertinggal itu bukan berarti mereka (kawan-kawan dan followers kita di sosmed) itu nggak baca. Mereka mungkin nggak memerlukan atau postingan itu nggak berkaitan dengan sama kepentingan mereka. Tapi dengan promosi, menshare kenalkan karya kita, sekurangnya itu akan mereminder kawan-kawan dan followers bahwa kita itu ada lho. Dan kita nggak sekedar hidup, tapi juga punya karya. Itu…!

Saya pribadi nggak berambisi bahwa setiap postingan akan direspon dengan baik. Tugas saya selesai ketika sudah memposting, menuliskan sesuatu yang versi saya harus dishare. Termasuk promosi buku.

Masalah apakah nanti direspon, ada transaksi, ada permintaan-permintaan lain; itu sangat tergantung pada rezeki masing-masing. Usaha wajib, doa harus, rezeki itu urusan Tuhan yang bagi-bagi. Tapi toh, semua pasti percaya bahwa rezeki itu selalu ada sebab musababnya karena kita semua manusia biasa. Bukan manusia sekelas nabi yang setiap doa terangkat langsung dijawab sempurna.

Jadi, ini ada beberapa tips yang biasa saya lakukan untuk promosi buku di sosmed. Santai saja, nggak usah punya target ini itu. Ntar hidupmu tambah mumet. Nulis saja sudah nggak mudah, hidup banyak urusan, lha kok ketambahan target njelimet. Kapan bahagiamu?!

1. Buat Postingan yang Menarik

Rencanakan postingan yang menarik dan bervariasi. Sertakan cuplikan buku, kutipan menarik, dan informasi unik tentang proses penulisan.

Gunakan visual yang eye-catching seperti desain grafis, video pendek, atau ilustrasi untuk menarik perhatian pembaca potensial.

2. Gunakan Hashtag Khusus:

Ciptakan hashtag khusus untuk buku Anda. Hal ini membantu dalam melacak interaksi dan memudahkan pembaca untuk berpartisipasi dalam percakapan tentang buku tersebut.

Manfaatkan hashtag yang populer di komunitas buku atau industri penerbitan untuk meningkatkan jangkauan dan kehadiran buku Anda di platform medsos.

3. Bangun Komunitas Pembaca:

Buat grup atau halaman khusus di media sosial untuk membahas buku Anda. Hal ini memungkinkan pembaca berbagi pendapat, memberikan ulasan, dan saling bertukar ide. Yang bisa saja anda lakukan. Sekali lagi, nggak usah memaksa. Tapi kalau niat serius, pasti ada banyak postingan tentang buku.

Lakukan acara live chat, tanya jawab, atau diskusi online secara berkala untuk berinteraksi langsung dengan pembaca. Ini wes sering saya lakukan saat mengisi workshop, talkshow, diskusi buku, bedah buku, dll.

4. Manfaatkan Platform Visual:

Gunakan platform visual seperti Instagram atau Pinterest untuk berbagi visual menarik tentang buku Anda. Posting gambar sampul, ilustrasi, dan foto terkait buku dapat memancing minat pembaca.

Buat teaser trailer buku atau video singkat yang memberikan gambaran tentang isi buku dan mempromosikannya di platform seperti YouTube atau TikTok. Tentu kalau Anda punya akun nya ya… Kalau nggak punya, yo ndak apa-apa. Saya juga nggak ada akun ini.

5. Lakukan Giveaway atau Kontes:

Promosikan buku Anda dengan mengadakan giveaway dengan cara peserta harus melakukan beberapa tindakan seperti mengikuti akun, membagikan posting, atau menandai teman. Ini dapat membantu meningkatkan visibilitas buku Anda di media sosial.

Selenggarakan kontes menulis atau fan art terkait buku untuk melibatkan pembaca secara kreatif dan membangun komunitas yang lebih kuat. Pokoknya pilih-pilih cara yang Anda bisa dan tentu saja Anda harus senang melakukannya.

6. Berkolaborasi dengan Influencer atau Blogger Buku:

Identifikasi dan ajak kerja sama dengan influencer atau blogger buku yang memiliki pengikut yang relevan dengan audiens target Anda.

Minta mereka untuk memberikan ulasan atau mengadakan sesi tanya jawab tentang buku Anda. Rekomendasi dari sumber yang terpercaya dapat meningkatkan kepercayaan pembaca.

7. Gunakan Pengiklanan Berbayar:

Manfaatkan iklan berbayar di platform medsos, seperti Facebook Ads atau Instagram Ads, untuk meningkatkan visibilitas buku Anda di antara audiens yang lebih besar.

Sesuaikan target iklan Anda agar mencakup demografi dan minat yang sesuai dengan pembaca potensial. Ini karena iklan berbayar, hitung-hitung pengeluaran dan pemasukan Anda dari transaksi jual beli buku ya…

8. Perbarui secara Konsisten:

Aktiflah di media sosial secara konsisten dengan posting yang terjadwal. Jangan hanya mempromosikan buku, tetapi juga bagikan konten yang relevan dengan minat pembaca Anda, seperti berita industri, ulasan buku, atau tips menulis.

Tanggapilah dengan cepat terhadap komentar, pertanyaan, atau ulasan dari pembaca. Interaksi yang aktif dapat meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan.

Hayaaa…. Responden saya hampir nggak ada kalau saya posting buku dll yang berkaitan; toh tetap ada transaksi-transaksi buku dll sekitarnya. Tapi kalau piknik, dolan, makanan, horror, dll kisah drama kehidupan, tahu-tahu responnya banyak… ya kita ambil di tengah-tengah agar semua senang. Win win solution.

9. Gunakan Analytics:

Manfaatkan alat analitik yang disediakan oleh platform medsos untuk melacak kinerja kampanye promosi Anda.

Evaluasi metrik seperti interaksi, jangkauan, dan konversi untuk memahami apa yang berhasil dan membuat penyesuaian yang diperlukan di masa mendatang. Ini agak mumet, Anda bisa belajar dari pakar. Saya mengerti tapi agak kesulitan kalau harus menjelaskan pada orang lain.

10. Lakukan yang Bisa:

Ada banyak cara orang untuk mempromosikan buku atau karyanya di medsos. Mumpung medsos kita free dan boleh posting apa saja, meski dengan beragam aturan dan ketentuan dari platform yang harus kita patuhi.

Lakukan yang bisa. Pilih-pilih yang menurut Anda bisa dan mampu dilakukan dengan beragam kesibukan yang lain. Hal terpenting adalah anda mempromosikan buku atau karya anda, sesuai dengan gaya dan cara masing-masing. Tanpa itu, percayalah sedikit demi sedikit keberadaan kita bisa hilang begitu saja.

Pun, Anda nggak harus memaksa untuk memakai semua jalur promosi. Karena terlalu banyak promosi, akan menambah charge atau pengeluaran. Akan baik-baik saja kalau buku anda laris manis, tapi kalau tidak, anda bisa nyesek sendiri lalu patah semangat dan nggak mau promosi lagi.

Prinsip saya untuk semua hal yang harus saya lakukan: sedikit demi sedikit dan terus menerus saja. Sebisanya. Semampunya. Terlebih kalau promosi anda tidak disokong dana pihak lain, alias kudu bayar dhewe.

Dengan merencanakan dan melaksanakan strategi promosi di media sosial dengan cermat, Anda dapat membangun kehadiran buku Anda secara efektif, meningkatkan penjualan, dan memperkuat hubungan dengan pembaca.

#arikinoysanwulandari #ariwulandari #arikinoysantips #promosibuku #sosmed

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *