Mengatasi Ketakutan

Saya berada di ketinggian 3 meteran dari tanah di Dieng. Ya memanjat baru duduk begitu. 😀 Dokumentasi Ari Kinoysan Wulandari.

KinoysanStory

.
Pagi-pagi saya ditanya soal mengatasi ketakutan. Kawan ini sudah lama pingin dagang online, sudah belajar, sudah ada barang dan supplier, kerjasama kurir, tapi takut begini begitu… dan terutama “omongan orang”.
.
Saya… dan mungkin kita semua pasti punya banyak ketakutan dalam hidup ini. Terutama ketakutan yang berasal dari pikiran sendiri. Jadi, belajar dari pengalaman; yang saya lakukan:

  1. Mencari tahu sebab takut; tidak bisa, tidak punya ilmu, tidak pernah, atau tidak mau.
  2. Mencari solusi, kita takut karena tidak bisa itu biasanya karena tidak punya ilmu, ya kudu cari guru. Ikut kelas, ikut workshop yang sesuai. Kalau takut karena tidak pernah, ya coba saja, lakukan saja; kalau gagal ya diulang lagi. Kalau tidak mau karena bukan passion, ya sudah; jangan membahas, jangan memikirkan untuk mencoba-coba.
  3. Jangan terlalu masukin hati omongan orang. Sering kali omongan itu cuman numpang lewat daripada tidak bicara.
  4. Lebih baik gagal mencoba daripada menyesal seumur hidup karena tidak pernah mencoba. 🙏
  5. Sebelum melakukan apa yang anda takutkan, pikirkan bahwa anda sudah niat, punya ilmu, ada pengawal/guru, dan siap gagal untuk berlatih lagi.

*Saya takut air, tapi saya mencintai laut, senang turun ke bawah laut dan melihat pemandangan bawah laut. Saya takut melihat ketinggian dari bawah, tapi saya banyak mendaki, memanjat pohon-pohon tinggi dan besar. Saya takut melewati ruang kaca di ketinggian gedung dengan lautan luas di bawahnya, toh saya melakukan. 😃🙏 Bisa begitu saja? Enggak. Ada orang-orang yang jadi guru saya dan mengatakan bahwa saya bisa. Saya hanya perlu melakukan, bukan hanya memikirkan. Apalagi terlalu memikirkan omongan orang.
.
Selamat mencoba apa saja yang anda takutkan. Kadang itu hanya ketakutan dalam pikiran kita.
.
Ari Kinoysan Wulandari

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *