Penulis Buku? Jangan Alergi Jualan Buku!

Pesan buku cetak dan bertandatangan bisa wa.me/6281380001149.

“Jualan buku?”

Begitu tanya seorang Bapak ketika saya di kereta mengeluarkan buku-buku. Niatnya mau saya pindahsatukan ke tas yang lain. Biar lebih ringkas dan bisa saya letakkan di kompartemen atas kursi.

“Oh iya, Pak. Bapak mau lihat-lihat?”

Saya balik bertanya dan mengeluarkan semua buku yang saya bawa. Satu per satu dan saya mulai menceritakan isi materinya; kelebihan-kelebihan dan harganya.

Beliau menunjuk beberapa dan bertanya apa bisa transfer. Jual beli terjadi. Saya tidak menyebut sama sekali kalau saya penulisnya.

Tapi yang saya ingat adalah komentarnya, “Biasanya orang jual buku nggak ngerti apa isi bukunya.” Sampai kami berpisah, beliau tidak tahu kalau saya penulisnya. Tidak apa-apa. Karena yang terpenting beliau membeli buku saya😀

Saya sudah lebih sering menutup mulut untuk menyebut bahwa saya penulis buku tertentu saat berhadapan dengan calon pembeli. Karena itu “sering kali” tidak penting bagi pembaca dan atau pembeli buku. Bagi penerbit pun kadang yang terpenting, bukunya laris atau tidak.

Yach, saya menjadi penulis sedari belia hingga sekarang. Menekuni ruang sunyi demi hasil karya terbaik. Menulis memanglah kerja tenang yang tidak beribetan dengan pihak lain.

Industri membuat saya harus keluar dari kesunyian itu. Berbicara, mengajar, melatih, menjual, menceritakan, mendongeng, mempresentasikan, mempromosikan, dll demi semua produk terjual dengan baik. Karena mau sehebat apapun karya kita, tulisan kita, kalau ia tidak terjual pasti akan mematikan kreatornya. Penulis termasuk di antaranya.

Kesadaran itulah yang membuat saya membawa buku ke mana-mana; bahkan saat saya tidak niat jualan. Dan mungkin itu juga sebabnya dari sekian banyak penulis, alhamdulillah saya bertahan lempeng di tengah gempuran ekstrim kecanggihan kerja AI yang bisa mematikan semua kreativitas dan porak porandanya industri perbukuan cetak kita.

Toh selalu ada sisi baik. Versi saya itu kemudahan dan kecanggihan yang membantu kinerja. Dan tentu saja, saya tetap menulis, tetap mempromosikan buku, menjual buku, terus mengisi kelas, belajar mengajar, book signing, berbagi tips penulisan lewat media massa, teve, radio, medsos dll sebagai bagian kerja penulis profesional.

Bagaimana dengan kamu? Sudah pernah membawa dan menjual bukumu ke mana saja? Oh iya, kalau kamu jadi penulis buku, pesan saya jangan alergi jualan buku. Kamu nggak harus jadi ahli marketing kok.

Cukup ceritakan saja bukumu pada pihak pihak yang tertarik. Kamu hanya perlu lebih rajin menampakkan bukumu pada pihak lain. Caranya juga nggak harus hard selling, bisa dengan mengisi kelas, lomba resensi, bedah buku, book signing, menceritakan kembali, dll. Mereka membeli atau tidak, itu bukan hal yang perlu kita jadikan beban. Sayang kan kalau misalnya ada orang yang pingin beli bukumu, tapi nggak tahu di mana caranya? Tugas penulis saat menulis memang bertenang diri, tapi saat karyanya sudah jadi harus beramai diri untuk promosi 😀
.

Ari Kinoysan Wulandari

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *