Mengumpulkan IDE Tulisan

Kucing kencan. Gambar hanya sebagai ilustrasi. Dokumentasi Ari Kinoysan Wulandari.


Ada banyak jalan menuju Paris. Ada seribu satu cara penulis menemukan ide dasar penulisannya. Pun tidak kurangnya strategi untuk mengembangkan ide penulisan.

Biasanya ide tulisan yang brilliant dapat diperoleh dari beragam cara. Setiap penulis beda cara dan metodenya. Namun sekurangnya ide tulisan dapat diperoleh dari hal hal berikut.

1. Curhat teman.
Jadi, kalau ada yang curhat dengarkan saja. Kasih perhatian dan nanti tuliskan kisah mereka dalam versi fiksi anda.

2. Semua tentang buku.
Kenapa saya bilang semua tentang buku? Ya, karena semua buku —-baik itu di perpustakaan, di toko buku, di toko online, di katalog, majalah, koran, artikel, jurnal, dan lain-lain; adalah sumber ide yang luar biasa. So, baca dan cermati.

3. Segala yang berkaitan dengan film.
Senada dengan buku, maka segala yang berkaitan dengan film, entah itu resensi film, premier, film, sinetron, festival film, editing film, produser dan ph, semuanya adalah sumber ide yang tak pernah habis.

4. Mimpi.
Punya mimpi besar dan takut untuk dicap gila oleh orang-orang sekeliling? Tuliskan saja!

5. Pengalaman pribadi.
Tiap orang adalah pribadi yang unik dan menarik, maka pasti punya pengalaman yang spesial yang tidak dimiliki orang lain. Tuliskan, kemas, sajikan.

6. Travelling.
Siapa yang hobi travelling? Maka perjalanan itu akan jadi catatan cerita panjang yang menarik. Tiap daerah punya kekhasan yang akan memperkuat setting cerita kita.

7. Hobi.
Yang nggak punya hobi, cari deh! Karena hobi itu menyehatkan dan terapi ampuh untuk sehat dan panjang umur. Nah, kalau sudah punya, cari tahu lebih dalam tentang hobi kamu, bergabung di klub-klub hobi, lalu tuliskan apa saja yang menjadi urusan hobi kamu. Mudah bukan?

6. Blog walking.
Kalau baca-baca blog, Web, facebook, ig, twit, tiktok, youtube, teman-teman pasti ada cerita serunya. Nah, di sana sumber ide yang tak pernah habis.

7. Pekerjaan.
Ini gudang tantangan dan sekaligus gudang ide. Cari tahu lebih dalam pekerjaan anda, tekuni lebih cermat, dan tuliskan. Hasilnya pasti luar biasa.

8. Budaya.
Konsep budaya Indonesia konon dianggap sebagai budaya yang paling kaya dan heterogen di seluruh dunia. Apa saja ada di Indonesia.

Bersyukurlah kita jadi warga negara Indonesia. Mau menulis apa saja dari sudut pandang mana saja, bisa. Mari tuliskan budaya Indonesia dalam buku atau film-film yang menawan.

Masih bisa bilang kekurangan ide? Selamat berburu ide 😃


Ari Kinoysan Wulandari
Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *