Menawarkan Jasa Penulisan

Herbal Nusantara. Buku tersedia di andipublisher.com; Pesan buku bertandatangan wa.me/6281380001149

Dunia penulisan dalam industri kreatif sering saya sebut seperti hutan rimba. Ya, kita beneran tidak tahu seperti apa keseluruhan dunia ini, meskipun sudah lama berkutat di dalamnya.

Sebagian gambaran bisa dituturkan dengan mudah; seperti bagaimana menulis, bagaimana menerbitkan buku, bagaimana mencari penerbit, bagaimana berdealing dengan produser, memperlakukan klien, menentukan deadline, dll.

Tapi sebagian lagi seperti ruang gelap yang tidak tertembus cahaya; misalnya rumus buku bestseller, ketentuan aturan film box office, karya karya viral, hingga nego nego copyright, jual beli karya, dll. Semuanya “serba tidak jelas”.

Dan menawarkan jasa penulisan juga merupakan bagian ruang gelap itu. Masih terasa aneh, orang menawarkan jasa menulis; karena “kelihatannya” mayoritas orang merasa dirinya bisa menulis. Terlebih kalau mereka tidak buta aksara.

Sebagai penulis, saya juga termasuk yang tidak memiliki “patokan” untuk menawarkan jasa menulis ini. Tapi sekurangnya, hal hal berikut bisa jadi share pengalaman saya. Bagaimanapun menulis untuk klien, yang selesai langsung dibayar; itu jauh lebih aman buat “dapur” saya, daripada menulis buku bertahun-tahun dengan sistem royalti.

1. Buku karya kita adalah bukti yang tak terbantahkan. Karenanya mau anda jadi ghostwriter, jadi penulis buku biografi, tetep wajib punya buku yang nangkring di toko buku. Biar bikin promosi atau proposalnya gampang.

2. Selain itu kalau punya buku, kita juga gampang ngasihnya. Terus calon klien juga bisa baca-baca cocok tidaknya dengan gaya tulisan kita.

3. Cara menawarkan jasa kita bisa dengan beragam cara. Mengirimkan surat perkenalan dan proposal via email sering dianggap sebagai cara yang mudah.

4. Namun kalau pas di pertemuan tertentu jumpa dengan calon klien, bilang dan tawarkan saja. Mereka pasti senang.

Oh ya, rata rata orang penting senang jumpa penulis karena mereka sering tak sempat menulis.

5. Saya, dengan latar etnis Jawa yang melekat dengan budayanya —yang tidak terbiasa dengan memamerkan diri seluruh kemampuannya, termasuk jarang menghubungi orang untuk menawarkan ini itu jasa yang kami sediakan.

6. Bukan karena tidak mau begitu, tapi karena masih banyak pe er gaweyan yang belum selesai. Menambah orang, belum tentu cocok cara nulis dan kerjanya.

7. Tapi sesekali saya akan menghubungi orang orang yang saya anggap potensial. Kalau sudah ada klien, ya tidak serakah mencari terus karena bikin naskah pesanan klien itu cukup lelah. Kalau serakah ntar malah bubrah atau tidak jadi.

8. Saya tidak tahu anda model penulis yang mana. Yang jelas menawarkan jasa itu penting. Karena klien dengan naskah pesanannya yang bikin penulis cukup punya duit. Bukan dari buku buku royalti kita.

9. Yang penting sopanlah menawarkan. Jangan ngotot. Klien yang memang serius pasti akan cari kita. Apalagi kalau cocok model tulisannya.

10. Yeach. Tapi ini butuh lebih dari sekedar kemampuan menulis. Butuh pribadi dan karakter yang baik. Butuh sikap mental yang kuat.

Karena menghadapi klien berduit itu beda dengan menghadapi penerbit yang tidak secara langsung membayar penulisnya.
.
Ari Kinoysan Wulandari

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *