Dunia Penulis dalam Series Moonlight

Gambar hanya sebagai ilustrasi. Dokumentasi Ari Kinoysan Wulandari.

Saya termasuk telat nonton series ini. Moonlight (2021) yang berkisah dengan apik dunia penerbitan sekompleknya. Artinya ya ada penerbit, editor, penulis, ilustrator, marketing, toko buku, award, dll. Series ini berdurasi 45 menit per episode sebanyak 36 episode; produksi Tiongkok, airing tahun 2021; dengan grade point 8.4 dalam skor 1 s/d 10. Artinya ya baik sekali. Layak ditonton.

Secara garis besar, Moonlight ini berkisah tentang Chu Li. Salah satu impiannya adalah bergabung dengan penerbit terkenal. Lulus kuliah, Chu Li berjuang keras hingga diterima di Yuan Yue Publishing House.

Setelah itu, Chu Li selalu berusaha menjadi karyawan yang terbaik. Karirnya melesat sebagai editor eksklusif untuk penulis-penulis terkenal. Chu Li ini memiliki nama samaran, yaitu Monkey yang ia gunakan di situs pertemanan online.

Di situs tersebut, Chu Li memiliki teman virtual dekat yang dikenal dengan inisial L Jun atau nama sebenarnya, Zhou Chuan (Ding Yu Xi). Keduanya hanya tahu satu sama lain dengan nama samaran.

Di dunia nyata, Zhou ternyata seorang penulis yang dikenal sopan, lemah lembut, dan tampan. Suatu hari, Zhou dan Chu Li bertemu. Namun, pertemuan ini sangat berbeda dari citra Zhou yang dikenal oleh masyarakat. Mereka terlibat konflik karena proyek penulisan yang melibatkan Chu Li sebagai editor. Pertikaian di antara Chu Li dan Zhou berlangsung cukup lama tanpa titik temu. Meski begitu, keduanya mulai mencari tahu lebih banyak tentang satu sama lain sehingga Zhou mulai menduga bahwa Chu Li adalah teman online bernama Monkey.

Sementara itu, Chu Li merasa mustahil bahwa Zhou, sang penulis terkenal adalah teman online dengan inisial L Jun. Pasalnya, Zhou di matanya adalah sosok penulis yang sangat mengganggu dan sering membuatnya kesal.

Dibintangi wajah wajah muda rupawan, berikut ini daftar pemain sekaligus penokohan series Moonlight yang mungkin perlu kita ketahui.

1. Yu Shu Xin (Chu Li/”Monkey”)

Yu Shu Xin berperan sebagai Chu Li, gadis biasa yang ingin mengejar impiannya sebagai editor di Yuan Yue Publishing House, penerbit dari banyak novelis ternama.

2. Ding Yu Xi (Zhou Chuan/L Jun/”Mr. Fox”)

Ding Yu Xi memerankan tokoh Zhou Chuan novelis muda yang sangat berbakat dan punya nama samaran L Jun dan Mr. Fox. Punya sifat yang agak arogan, dia cukup dibenci oleh Chu Li sejak pertemuan pertama.

3. Yang Shi Ze (Jiang Yu Cheng)

Jiang Yu Chen adalah sahabat Zhou Chuan yang sama-sama berkarir sebagai penulis novel. Karena berkali-kali gagal, dia memilih untuk berhenti sampai bertemu Chu Li.

4. Wang Ting (Yu Yao)

Tokoh Yu Yao merupakan atasan Chu Li yang sikapnya sangat tegas dan memiliki etos kerja yang sangat baik.

5. Ma Yin Yin (Gu Bai Zhi)

Gu Bai Zhi bekerja sebagai chief editor di perusahaan pesaing, yaitu di penerbitan Xin Dun. Perempuan ini memang memiliki kepribadian yang dingin, ambisius, pekerja keras, tapi tetap memahami etika kerja.

6. Hua Tong (Ah Xiang)

Tokoh Ah Xiang berprofesi sebagai desainer di Yuan Yue Publishing House. Punya usia yang seumuran, dia bisa mudah akrab dengan Chu Li.

7. Zhu Yong Teng (Liang Chong Lang)

Liang Chong Lang adalah pimpinan di bagian distribusi, pria ini dikenal sangat tegas dan perhitungan.

8. Zhou Pu (Miao Jian Ping)

Miao Jian Ping adalah wakil kepala editor, pria inilah yang menjadi atasan langsung dari Chu Li. Berbeda dengan Yu Yao, Miao Jian Ping selalu saja meremehkan Chu Li terutama dalam prestasinya.

9. Xiong Yu Ting (Song Xi/Li Xue Mei)

Song Xi dikenal sebagai seleb terkenal, tapi ternyata punya sifat arogan dan pemarah.

10. He Yun Qing (Zhou Gu Xuan/Ayah Zhou Chuan)

Zhou Gu Xuan merupakan ayah kandung Zhou Chuan. Dia berprofesi sebagai novelis dengan segudang penghargaan. Namun, ternyata dia punya hubungan yang kurang baik dengan sang putra.

Lagu-lagu dalam Moonlight atau OST nya pun enak didengarkan.

1. Chu Li is Here – Yu Shu Xin

2. Heartless Poem – Ding Yu Xi

3. Extreme Day – Ma Shi Hui

4. NiuNiu – Shuang Sheng

5. Yun Hai – Zhang Yuan

6. Paper Airplane – Jin Wen Qi

Nah, itulah sederet hal menarik series Moonlight yang layak untuk diikuti.

Bagi saya pribadi, cerita ini berasa melihat perjalanan hidup sebagai penulis. Bagaimana naskah di tengah tumpukan itu kadang memerlukan insting dan kejelian seorang editor untuk “naik” sekedar dibahas oleh tim redaksi.

Bahwa penulis yang sudah mati suri pun —tidak menulis bertahun-tahun karena penjualan buku yang buruk, kalau bertemu editor yang handal dan bisa memanusiakan penulis, dia akan kembali berjaya. Penulis penulis yang memerlukan tangan dingin editor untuk bisa menghasilkan versi terbaiknya.

Beragam kejahatan dunia perbukuan pun di sini diulas dengan blakblakan; plagiat, keributan antar penulis, booksigning, rebutan kapling atau spot muat, gegeran antar petinggi penerbit, keributan cetak dan distribusi; dll. Siapa yang jadi penjilat, siapa yang nggak kerja, siapa yang sok berkuasa, penulis yang bawel, artis yang mengganggu, dll semua ada. Bagi mereka yang berada di industri kreatif kayaknya sayang kalau melewatkan series ini.

Ari Kinoysan Wulandari

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *