Prinsip-Prinsip Penyuntingan Naskah

Cover Buku Prinsip-prinsip Penyuntingan Naskah. Dokumentasi Ari Kinoysan Wulandari. Pesan buku cetak atau bertandatangan wa.me/6281380001149.


Judul: Prinsip-prinsip Penyuntingan Naskah
Penulis: Dr. Ari Wulandari, S.S, M.A.
Penyunting: Lintang Kusuma
ISBN: 978-623-8246-45-8
Penerbit: LitNus

Sinopsis:
Penyuntingan atau editing biasa dilakukan oleh seorang penyunting atau editor. Penyuntingan naskah meupakan hal yang penting dalam publikasi atau penerbitan berbagai karya tulis, baik karya ilmiah maupun karya populer.

Oleh karena itu, memahami prinsip-prinsip penyuntingan naskah ketika selesai menulis, menjadi hal yang penting bagi setiap penulis. Mereka yang menekuni dunia penulisan sepantasnya mengetahui prinsip-prinsip penyuntingan naskah. Dengan demikian, ia dapat secara mandiri memperbaiki naskahnya.

Penyuntingan naskah secara mandiri oleh penulis akan mengurangi kesalahan dan memperkecil tingkat ketidakterbacaan naskahnya. Pada gilirannya, penyunting akan mudah membantunya mengeksekusi naskah untuk terbit. Proses penyuntingan pun berjalan dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Materi buku ini berisi tentang hal-hal prinsip tentang penyuntingan naskah. Materi ini wajib diketahui oleh mereka yang berkecimpung di dunia penulisan, mulai dari mahasiswa, guru, dosen, penulis, hingga penyunting. Bahasannya mulai dari definisi penyuntingan, substansi penyuntingan, penyuntingan naskah sebagai ilmu dan keterampilan, aspek penyuntingan, prinsip kerja penyunting dan mitra kerjanya, proses kerja penyuntingan naskah, seputar kalimat dan paragraf, penggunaan EYD, hingga hal-hal yang berada di luar naskah, seperti urusan penerbitan, masalah plagiasi, penerjemahan, pengalihan hak cipta, hingga perubahan bentuk karya buku menjadi sinetron, web series, film, dll.

Dari materi tersebut, setiap pembaca diharapkan dapat memahami prinsip-prinsip kerja penyuntingan naskah dengan lebih baik. Dengan pengetahuan dasar penyuntingan naskah yang memadai, sekurangnya akan membantu kinerja penyunting dan mempermudah proses seleksi dan publikasi naskah.

Ari Kinoysan Wulandari

#ariwulandari #arikinoysanwulandari #prinsip #penyuntingan #naskah #bukubaru

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *