Bunuh Diri Itu (Nggak) Gampang

Gambar hanya sebagai Ilustrasi.


Sebagai penulis, kadang ada aja curhatan yang keluar jalur. Seperti dulu pas saya terima telepon seseorang yang bilang mau bunuh diri. Alih-alih mencegahnya, saya justru mendorongnya untuk segera bertindak.

Ya sudah, bunuh diri saja kalau memang sudah mantap. Tapi sebelum itu, pastikan hal ini sudah terpenuhi.

1. Kamu nggak ada utang yang belum kamu lunasi, baik utang uang, janji, dll. Jangan sampe matimu pun dikutuki mereka yang kamu utangi dan belum kamu bayar.

2. Kalau kamu masih punya dendam, balaskan saja dendammu itu. Bahkan kalau sampe ekstrem, dia mati toh kamu juga akan mati bunuh diri.

3. Kalau kamu punya tanggungan; pastikan kamu sudah menyediakan biaya hidup mereka sekurangnya 2 tahun. Jadi kalau kamu bunuh diri, mereka nggak jadi peminta-minta atau pengemis dadakan.

4. Siapkan biaya penguburan mayatmu berikut biaya selamatan sampai seribu hari. Ingat, banyak orang yang nggak mau nguburin orang bunuh diri. Tapi kalau kamu sudah siapkan biayanya, mungkin beda cerita.

5. Kamu sudah nggak ada keinginan lagi di dunia yang belum kesampean. Karena kalau kamu sudah mati, nggak bisa balik ke dunia lagi.

Kalau wes semua itu ada, tinggalkan pesan ke orang-orang dekat. Kasih tahu di mana kamu mau dikubur dan simpanan biaya untuk keseluruhan itu. Abis itu, bunuh dirilah dengan tenang.

Kisah ini sudah bertahun lewat. Dan saya nggak pernah dengar kabarnya bunuh diri. Kadang orang terlalu fokus pada masalah hidup, dan merasa gelap putus harapan. Lalu merasa bunuh diri adalah solusi. Ya kali bunuh diri bisa hidup lagi. 😊🙏

Peduli pada orang-orang depresi, stres, linglung, gangguan jiwa, dll sebutan; kadang hanya dengan bersepakat dan memintanya untuk memikirkan rencana tindakannya. Biasanya siy kalau gitu malah tenang. Kalau dilarang-larang kebanyakan malah bablas.

Ini reminder buat saya. Dan buat Teman-teman yang masih diuji beragam masalah, ada Allah sebaik-baik tempat mengadu. Sebagai muslim saya pernah dinasehati: kalau hidupmu beribet terus, coba perbaiki SHOLAT dan NGAJIMU. Nanti Allah akan perbaiki urusanmu satu per satu dengan caraNya yang super ajaib.😍💖

Ari Kinoysan Wulandari

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *