Biografi Rektor UNS (5)

Tarif Penulisan dan Kontrak Kerja

Begitu pekerjaan sudah fix diberikan pada saya, maka saya pun mulai menyusun semua rangkaian format kerja. Mulai dari isi buku yang lengkap dengan formatnya, list narasumber dan jadwal wawancara, list foto-foto, list permintaan pengantar, list permintaan testimoni. Dari wawancara pertama dengan Prof Jamal, saya tahu bahwa kerja saya akan sangat banyak.

Saat saya menyusun semua itu, Pak Soni (Sekretaris Rektor) meminta kepada saya untuk membuat harga penulisan. Saya tanya ke beliau harga penulisan saja atau berikut penerbitan. Beliau bilang kalau ada keduanya boleh, tapi yang terpenting adalah harga penulisannya. Saya pun meminta waktu untuk berkonfirmasi dengan penerbit.

Foto Presiden Joko Widodo dalam biografi Prof Jamal Wiwoho

Setelah itu, uraian jadwal kerja, sinopsis, berikut harga, pembayaran ke rekening mana, jadwal pembayaran, dll yang diperlukan dalam pembuatan biografi dan publikasinya, dll yang saya anggap penting untuk kerja sama; saya pun mengirimkan kepada Pak Soni. Saya menyampaikan format tersebut untuk acuan kerja seluruh tim yang terlibat. Pak Soni dkk juga bisa melihat apa saja yang perlu dipersiapkan. Jadi, urusan tarif itu hanya hal kecil di antara semua urusan.

Malamnya, Pak Soni menelpon saya; bertanya apakah bisa harga jasa penulisan turun. Beliau mengatakan Prof Jamal memintanya untuk bernegosiasi. Saya langsung bilang bisa turun sepuluh juta, ojo ditawar lagi. Lalu Pak Soni bilang akan konfirmasi. Nggak sampai lima menitan, Pak Soni sudah bilang oke. Alhamdulillah. Tarif penulisan saya itu cukup untuk beli rumah  dengan tanah 100 an meter secara cash di Jogja. Sungguh di luar pemikiran saya, kerja dadakan begini dengan fee besar. Maturnuwun, terimakasih ya Allah 🙂

Pembayarannya bagaimana? Lancar sekali. Saya tidak pernah nagih ke Pak Soni, sudah dikirim lebih dulu. Tagihan saya ke Pak Soni itu kata pengantar, testimoni, foto-foto, jadwal wawancara dan narsum yang berbeda-beda; di tengah kesibukannya mengurusi segala macam hal kampus sebesar UNS. Maturnuwun Pak Soni, atas kerjasama dan dedikasinya yang luar biasa.

 

#dibalikbuku #biografirektoruns #arikinoysanwulandari #ariwulandari #happywriter #happylife #tarifpenulisan #hargabiografi

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *