Uang Tidak Terpakai

#KinoysanStory
Hari gini apa ada uang yang tidak terpakai? Pasti ada 😃 Ini berkaitan dengan manajemen duit. Saya mengatur uang tentu berbeda dengan mereka yang gajian rutin. Setiap bulan saya membuat ancangan belanja dari A-Z, pembayaran ini itu sampai sana sini. Lengkap.  Nah, uang tidak terpakai berarti uang yang tidak saya gunakan di bulan itu. Misalnya, bulan ini saya mau beli daging sapi 2 kg. Tiba-tiba kawan mengirimi 2 kg ikan gurame. Nah uang anggaran belanja daging tidak terpakai, maka saya masukkan ke celengan. Sudah niat beli 5-7 buku, ternyata penerbit mengirim 10 buku baru untuk direview, ya nggak usah beli buku. Uangnya masuk ke celengan. Mo beli kain-kain, ternyata souvenir jadi pemateri berupa kain, ya skip dulu, dan uang masuk celengan. Pembelian pulsa listrik biasanya X rp kok ternyata hanya separoh X, sisanya masuk celengan.
Celengan Ikan
Sekali dua kali mungkin tidak seberapa, tapi coba aja setahun yo lumayan 😃 Celengan tersebut memotivasi saya untuk lebih cermat. Semisal mo beli makanan online atau masak? Mo belanja di supermarket, pasar, atau ke tetangga? Beli ebook atau buku cetak? Langganan nonton atau ke bioskop? Beli paket melukis atau satuan? Dst. . Intinya saya melihat, bahwa berhemat pun tetap bisa dilakukan dari hal-hal yang sudah direncanakan. Uang ini juga bisa digunakan untuk dana darurat, sementara anggaran darurat kita sudah habis.
Bagi saya #FeelGood #FeelBeautiful #FeelHappy #FeelRich itu penting; karena akan melipatgandakan syukur yang mengundang banyak kebaikan dan keberlimpahan 😍💖
#ManajemenDuit #Berhemat #HappyWriter #ILoveMe #AkuCintaPadamu .
Ari Kinoysan Wulandari

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *