Memilih Topik

Membangun Indonesia Dari Desa

Memilih topik untuk naskah nonfiksi dapat dikatakan sebagai sesuatu yang sulit-sulit gampang. Gampang banget enggak, sulit banget juga enggak. Bagi mereka yang sudah terbiasa menuli nonfiksi, menemukan topik itu seperti menikmati kopi saja. Tinggal memilih dan tinggal minum.

Topik yang harus dipilih sebaiknya topik yang sedang populer, terutama kalau anda menulis nonfiksi untuk jangka pendek ya. Kalau contoh naskah #MembangunIndonesiaDariDesa di atas topiknya ditentukan ketika Undang-Undang Desa baru saja dibicarakan. Nah, karena ada kesesuaian maka dibuatlah topik tentang desa dan pembangunan.

Pilihlah TOPIK untuk proyek Anda dengan hati-hati. Hal ini mungkin tampak seperti tidak ada yang baru dan tidak ada aturan. Ini adalah tantangan pribadi. Anda sendiri yang tahu apakah Anda berhasil atau gagal.

Oleh karena itu, Anda harus memilih topik yang pas, terutama jika anda memiliki pekerjaan tetap lainnya yang tidak berurusan dengan penulisan. Jangan memulai menulis sesuatu yang sangat besar dan nyaris tak terjangkau dengan kekuatan anda. Menulis dengan topik sederhana, yang diselesaikan, dan dipublikasikan jauh lebih baik daripada menulis sesuatu yang besar tetapi nggak selesai-selesai.

Mulailah dengan topik yang cocok untuk hal yang terasa bisa dilakukan dengan mudah. Yang memberikan Anda kesempatan keberhasilan yang lebih tinggi. Gunakan tips nonfiksi ini kalau anda ingin mendapatkan topik yang dapat diselesaikan dengan cepat.

Ari Kinoysan Wulandari

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *