Mengurus Naskah Nanggung

Merencanakan Perbaikan Naskah

Sering merasa punya banyak naskah nanggung (tidak selesai) di laptop? Berikut cara mengurusnya:

1. Melupakan pernah menulisnya dan mendelete seluruhnya.

Ini cara yang paling gampang, karena anda tidak perlu memikirkan sama sekali dan bisa memulai kerja tulisan anda yang baru sama sekali.

2. Satukan semua naskah yang ada dalam satu folder dan (kalau sempat) baca ulang.

Kalau masih merasa sayang dan yakin naskah bisa diperbaiki, tapi belum ada waktu, simpan dulu. Satukan dalam satu folder dan atur waktu untuk membaca ulang serta mulai memperbaiki.

3. Minta orang untuk membaca dan memberi solusi penyelesaian.

Cara ini juga sangat membantu, sehingga anda bisa dengan cepat menentukan mana yang perlu diperbaiki dan memberikan potensi layak terbit, dan membuang mana yang tidak diperlukan.

4. Pilih dulu yang paling oke, lalu selesaikan.

Hal ini tentu bisa anda lakukan setelah anda mengetahui mana yang terbaik. Dan untuk mengetahuinya tentu anda harus membacanya dengan teliti dan mempertimbangkan perbaikannya.

5. Naskah lain biarkan ada di foldernya, sampai tiba waktunya “ndandani”.

Tidak usah buru-buru mendelete kalau anda merasa masih bisa menyelamatkan suatu naskah. Kadang-kadang beberapa bagian penting dapat digunakan untuk penulisan naskah lainnya. Tips produktif ini akan membantu anda memiliki banyak “bank tambahan naskah”.

Jadi Penulis Produktif

http://andipublisher.com/produk-0214005068-jadi-penulis-produktif-gampang-koqjadi-p.html

6. Menggabungkan beberapa naskah dalam satu cerita yang sinkron.

Setipe dengan tips nomor lima, anda bisa menggunakan beberapa naskah nanggung dalam satu kesatuan, sehingga anda memiliki satu tampilan naskah yang utuh dan menyenangkan.

7. Membuang/mendelete yang benar-benar tidak bisa “diselamatkan”.

Jangan takut untuk membuang naskah yang benar-benar buruk. Ini akan membantu anda dari pikiran tidak tenang karena merasa masih memiliki naskah nanggung.

8. Mengubah dan memperbaiki naskah sesuai dengan kondisi masa kini.

Pada saat anda menulisnya beberapa tahun yang lalu, kondisinya mungkin masih aktual; tetapi sekarang sudah ketinggalan zaman. Anda bisa menyesuaikan lagi sesuai kemajuan zaman.

9. Memposting di sosmed untuk meminta feedback, dan selesaikan.

Sosmed adalah sarana praktis dan banyak yang gratis untuk mendapatkan apa saja. Termasuk untuk meminta feedback dari tulisan anda. Cobalah posting beberapa bagian, dan lihatla bagaimana respon mereka.

10. Kerja dengan “satu naskah selesai” agar tidak ada naskah nanggung (lagi).

Kalau sudah pernah membuat naskah nanggung banyak, cobalah sekarang lebih tertib dan disiplin agar tidak ada naskah nanggung lagi. Menulis dengan tertib sampai naskah selesai.

Naskah nanggung, sering saya sebut “harta karun” —karena akan jadi kekayaan kita kalau semuanya diselesaikan dengan baik dan segera dipublish.

Happy Writing, Be A Good Writer 🙂
*Jadi Penulis Fiksi? Gampang Kok!
*Jadi Penulis Skenario? Gampang Kok!
*Jadi Penulis Nonfiksi? Gampang Kok!
*Jadi Penulis Produktif? Gampang Kok!

Ari Kinoysan Wulandari

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *