Hargai Waktumu…!

Artikel ini telah dimuat di penabicara.com pada hari Kamis, tanggal 7 Juli 2022 dengan link berikut.

https://www.penabicara.com/ruang-ngopi/pr-2063838683/hargai-waktumu

ARI WULANDARI

Dosen PBSI – FKIP – Universitas PGRI Yogyakarta, web: arikinoysan.com

Suatu hari, saya duduk menulis di suatu kafe. Tentu dengan makanan dan minuman yang sudah terhidang di meja. Saya tidak sedang menunggu orang. Tiba-tiba seorang ibu datang dan bertanya kepada saya, apakah dia bisa bergabung di meja saya.

Saya mempersilakannya, meskipun sempat menoleh kiri kanan dan melihat meja-meja yang masih kosong. Mestinya dia bebas memilih meja di ruangan itu. Masih pagi. Sang ibu mengatakan ia tidak terlalu senang menunggu sendirian. Saya pun maklum, dan meneruskan pekerjaan saya menulis.

Sang ibu bertanya lagi, apa yang saya kerjakan. Daripada nanti ditanya-tanya lagi, saya pun memperkenalkan diri secara lengkap. Nama, aktivitas, domisili, dan karya-karya. Saya pun memberikan alamat sosmed kepadanya agar dia dapat mencermati tulisan-tulisan saya. Lalu dengan meminta maaf, saya mengatakan sedang bekerja dan harus merampungkan deadline.

Ibu paroh baya yang kelihatan berkelas dan berduit itu pun menerima perkenalan saya. Dia juga menyebutkan nama dan tempat tinggalnya. Lalu dia sudah asyik dengan handphonenya. Mungkin memeriksa tulisan-tulisan dan karya-karya saya. Saya pun tenggelam dalam penulisan. Tidak memperhatikan apa yang dilakukannya.

Saya sudah menulis sekira tujuh halaman —berarti lebih kurang satu jam saya menulis; ketika mendengar si ibu menelpon dengan nada tidak senang. “Saya sudah menunggu lama. Sebaiknya kita batalkan saja rencana kerja sama. Kalau ada tagihan karena diskusi atau pembicaraan sebelumnya, silakan kirim ke asisten saya. Biar nanti ditransfer. Terimakasih.”

Saya tidak tahu dia berbicara dengan siapa dan dengan urusan apa. Dia pun berkata kepada saya, “Mbak Ari, saya minta waktu sebentar,” begitu katanya.

Singkat jelas, dia menceritakan bahwa sebenarnya dia sedang menunggu tim penulis yang akan mengerjakan buku biografinya. Sebelum-sebelumnya mereka sudah bertemu dengan asistennya dan mengirim format kerja sama. Hari ini mereka berjanji akan ketemu langsung dengan dirinya. Mereka yang menentukan jadwal dan dia sudah oke, tidak meminta pergantian waktu dan tempat. Nyatanya mereka yang mangkir janji tidak tepat waktu. Kalau urusan waktu saja tidak bisa menepati janji sendiri, ia khawatir bukunya tidak akan selesai tepat waktu.

Karena dia bertemu saya yang juga penulis, dan versinya dia cocok dengan gaya tutur saya, dia bertanya apakah saya bersedia menuliskan untuk dirinya. Sebenarnya saya sudah menolak halus dengan mengatakan fee saya cukup banyak dan tidak bisa ditawar. Saya lupa, bagi orang-orang tertentu, harga itu menjadi nomor sekian setelah cocok dan percaya.

Begitulah. Saya menerima gaweyan itu. Menyelesaikan dalam satu tahun. Menerima bayaran yang cukup besar dengan kerja yang mudah. Saya sebut mudah, karena sang ibu ini sangat disiplin, runtut berpikir, dan jelas apa yang diinginkannya dari suatu tulisan sejak awal hingga akhir. Saya ibaratnya tinggal mengawal ceritanya dalam versi tertulis dengan mengalir saja.

Itu adalah kerja dadakan saya karena rajin mojok nongkrong nulis di kafe. Dampak kebiasaan kurang baik saya, menulis berpindah dari satu tempat ngopi ke tempat ngeteh, atau lainnya. Kalau dihitung-hitung operasionalnya menjadi cukup banyak. Saya mengenali karakter kebosanan yang cukup tinggi, jadi ya biasa saja bagi saya.

Dalam pengerjaan gaweyan menulis, biaya itu sudah saya masukkan dalam hitungan charge yang harus dibayar oleh klien. Kalau tidak ada gaweyan, baru itu jadi masalah. Dan betul, selama pandemi yang mengharuskan kita kerja dari rumah itu, saya beberapa kali terkena psikosomatis. Masalah psikologis karena kebosanan yang akut berada di satu tempat yang sama pada waktu yang lama.

Dari apa yang saya ceritakan tersebut, terlihat jelas kalau saja si Tim Penulis yang pasti sudah repot sebelumnya bikin penawaran, proposal, dll nego dengan asisten si ibu itu tepat waktu; pasti pekerjaan itu tetap akan jadi milik mereka. Karena telat dan entah apapun alasannya, gaweyan bernilai ratusan juta itu melayang begitu saja.

Kejadian itu, menjadikan saya lebih menghargai waktu. Lebih teliti menggunakan waktu. Kalau menurut saya tidak akan menambah kontribusi kebaikan, lebih baik saya tinggalkan. Selain itu, mungkin karena lingkungan keluarga saya adalah wiraswasta, pengusaha, pekerja informal; jadi disiplin waktu itu sudah jadi urusan masing-masing. Kalau saya tidak disiplin menulis, ya kapan saya dapat duit. Kalau saya tidak tepat waktu mengirim karya, ya pasti lewat jadwal publikasi. Sedari kecil, saya dilatih untuk memeriksa jadwal sendiri dan mematuhinya atau menanggung konsekuensinya.

Masuk kampus biru, ya mau tidak mau saya terimbas dengan kedisiplinan lingkungan. Jarang sekali di tempat ini undangan jam sepuluh tidak dimulai jam sepuluh. Karena undangan jam sepuluh, semua sudah bersiap sedari jam sembilan atau setengah sepuluh. Bahkan terakhir, ketika ada acara dan saya sebagai moderator webinar, lalu jaringan internet saya bermasalah, acara tetap dimulai jam sepuluh dengan moderator pengganti. Ketika saya sudah bisa kembali ke ruang webinar, moderator pengganti menyerahkan seluruh acara kembali kepada saya untuk saya pimpin sampai akhir.

Artinya, lingkungan sudah membentuk saya untuk disiplin soal waktu. Pada waktu bekerja di PH pun demikian. Kalau sampai program saya tidak tayang tanpa alasan yang force majeur, maka PH harus membayar denda 200% dari biaya produksi. Kebayang kalau biaya per episode 700 juta, sampai program tidak tayang berarti harus bayar ke stasiun penyiar sebanyak 1,4 milyar. Biyuuu…, saya bisa digantung produser kalau sampai hal ini terjadi.

Oleh karenanya jadwal kapan skenario ditulis, kapan diserahkan ke bagian produksi, kapan diterima dalam bentuk video atau file jadi, kapan diserahkan ke stasiun, kapan tayang, dll itu menjadi sangat ketat dan harus diperhatikan. Lepas sehari saja di urusan skenario, semua jadwal pasti akan terganggu.

Ketika berhadapan dengan mahasiswa-mahasiswa yang selonong boy seenaknya keluar masuk di kelas atau kuliah saya, saya langsung memintanya keluar kelas. Lebih baik tidak masuk kelas kalau sudah lewat setengah jam. Apalagi kalau sebelumnya sudah dibuat perjanjian kapan jam kelas dimulai setelah toleransi waktu. Orang yang berhasil kebanyakan tertib waktunya dan tidak banyak bikin alasan.

Tapi ya, tiap tempat beda karakter soal waktu saja. Saya stres dan sempat protes ketika undangan jam sepuluh, ternyata baru dimulai jam sebelas lewat. Ini si pembuat acara tidak menghitung kerugian riil. Anggap saja sejam setiap orang menggunakan kuota internet 0,5 GB dikalikan yang sudah menunggu sekitar 200-an orang, berapa banyak kerugiannya? Waktunya? Jelas 1 jam x 200 yang berarti 200 jam hampir 20 hari kerja terbuang.

Undangan dari mahasiswa? Bukan. Tingkat pejabat-pejabat kampus dan dosen-dosen. Tidak sekali dua kali. Tapi berulang kali. Undangan jam 7 s/d 10. Riilnya jam 7.38 s/d 12 siang. Sangat tidak bisa memperhitungkan waktu. Yang salah siapa? Yang bikin jadwal dan acara. Pengisinya kan bisa diingatkan waktunya terbatas, bukan ngombro-ombro kelamaan bicara, dll.

Jadi, saya berpikir kalau kemudian mahasiswa seenaknya bikin acara telat mulai sejam dan telat berakhir dua jam, itu seperti biasa saja. Bagi saya jelas tidak biasa dan merugikan. Tapi yang bisa mengubah habits begini, kan yo mulai dari atas-atas to, mosok yang krucukan bisa?

Beberapa senior mengingatkan saya agar tidak terlalu idealis. Astaga….! Soal tepat waktu saja kok dibilang idealis. Mau maju dan unggul, tapi telatan terus… ya mana bisa?! Pada titik-titik tertentu, akhirnya saya berdamai saja dengan sikon tersebut. Kalau sudah tahu habits begitu, tinggal saya menyiapkan piranti kerja tambahan agar jam-jam kemoloran dari acara mereka itu bisa saya gunakan untuk mengerjakan gaweyan yang tetep kudu dibereskan. Kalau yang krucukan telat, dipotong-potong pendapatan, tapi mereka bikin acara telat, santai lempeng saja.

Time is money. Begitu kata orang-orang Barat. Demikian menghargainya mereka terhadap uang, waktu pun bisa dihitung dengan uang. Versi saya, waktu adalah kehidupan. Kita yang masih hidup ini, berarti masih punya jatah waktu di dunia. Kalau sudah tidak punya waktu lagi, ya berarti mati. Selesai kehidupan di dunia.

Sumber daya yang sering kita sia-siakan dalam hidup ini adalah waktu dan kesehatan. Banyak orang beribetan di akhir waktu, karena tidak bersiap di awal waktu. Banyak orang mengabaikan kesehatan di masa muda, lalu menjadi beribet urusan kesehatan di masa tua.

Setiap orang punya pandangan yang berbeda tentang waktu. Ada yang menganggap waktu itu urusan sepele. Hadeuuuh, lha kalau kamu terbiasa bekerja dengan hitungan jam dengan charge besar, mungkin tidak akan menyepelekan waktu lagi. Karena waktu adalah satu-satunya sumber daya yang tidak bisa kita beli ulang. Begitu pula dengan kesehatan. Kalau kamu tidak mau menginvestasikan kesehatan di masa muda (olahraga, makan sehat, hidup sehat, dll) siap-siaplah sedari paroh baya hidup dengan obat-obatan.

Karenanya saya sebagai penulis profesional sejak bertemu klien sudah berhitung dan berdiskusi tentang waktu. Kalau pekerjaan secara umum perlu waktu 6 bulan, tapi si klien ngotot 3 bulan; saya menawarkan dua opsi: dia membayar 2 kali lipat (sehingga saya bisa membayar lebih banyak orang untuk lembur-lembur) atau menambahkan orang-orang untuk saya yang bekerja membantu membereskan gaweyan. Mereka akan memilih opsi tersebut atau tetap sama dalam waktu 6 bulan.

Lalu pekerjaan pun akan berlangsung dengan lancar. Salah satu hal yang saya syukuri sebagai penulis adalah, saya berhak menentukan dan mengatur apakah saya menerima atau menolak pekerjaan. Saya juga berhak mengatur lalu lintas pekerjaan yang harus diikuti oleh klien dan semua pihak yang terlibat kerja demi suksesnya gaweyan. Alhamdulillah, karena saya berusaha keras disiplin, ndilalah selama ini ketemu klien dan tim kerja yang juga senang berlari cepat dan disiplin, sehingga semuanya boleh dikatakan selesai dengan baik.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu sudah menghargai waktumu? Atau kamu lebih sibuk bernyinyiran dan berjulidan di mana-mana, tapi gaweyan pokokmu dengan standar minimal saja tidak terpenuhi? Atau kamu merasa bahwa waktu berulang setiap hari, kenapa begitu ribetnya? Silakan merenungkan sesuai dengan pemahaman masing-masing. ****

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *