Workshop

Workshop atau pelatihan yang saya berikan, biasanya berkaitan dengan penulisan, perbukuan, dan perfilman. Workshop dapat meliputi pembuatan naskah (cerpen, cerbung, novel, nonfiksi) untuk publikasi, buku, sinetron, FTV, dan film.  Selain itu juga membahas tentang industri perbukuan dan industri televisi plus perfilman.

Workshop  di sini ada dua jenis. Pertama, workshop yang diselenggarakan pihak lain. Pihak lain yang mengorganizer semua yang berkaitan dengan workshop, baik waktu, tempat, peserta, penentuan materi, dan lain-lain. Tugas saya hanya datang dan memberikan materi workshop sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang ditetapkan panitia penyelenggara. Workshop semacam ini misalnya penyelenggaraan Belajar Bersama Maestro yang diadakan oleh BNPB Sulutenggo (Sulawesi Utara dan Gorontalo) dan penyelenggaraan workshop penulisan oleh Sastra Indonesia, FIB, UNS – Solo. Saya memberikan pelatihan secara marathon selama satu minggu dengan berbagai ketentuan yang telah mereka tetapkan.

BBM Smile
Peserta BBM Sulutenggo
Pemateri Workshop FIB UNS
Peserta Workshop FIB UNS

Silakan bagi anda yang memiliki komunitas, kelompok, institusi yang ingin belajar bersama-sama tentang materi-materi yang berkaitan dengan keahlian saya, dengan senang hati saya memenuhi undangan anda. Ditunggu undangannya ya. Bisa contact saya langsung di WA 0813 8000 1149.

Jenis workshop yang kedua, adalah workshop internal yang dikelola oleh Griya Kinoysan University. Workshop ini diselenggarakan secara online dan berkala. Workshop ini meliputi beragam keahlian dan skill, dan diampu oleh pakar-pakar yang sangat kompeten. Anda bisa mengikutinya secara bergantian. Adapun kelas-kelas yang sudah ada adalah Kelas Penulisan Nonfiksi, Kelas Penulisan Fiksi, Kelas Penulisan Cerpen, Kelas Penulisan Novel, Kelas Penulisan Biografi, Kelas Editorial, Kelas Penulisan Skenario, Kelas Penulisan Jurnal Ilmiah, Kelas Penejemahan, Kelas Pendampingan dan Kelas Privat Penulisan.  Anda bisa ngecek jadwal-jadwal tersebut di FB saya atau FP Griya Kinoysan University. Semua siswa dari kelas-kelas ini sudah banyak yang menjadi penulis novel, penulis buku, penulis skenario, penulis biografi. Dengan biaya yang sangat ringan, diajar oleh para profesional yang sudah sepuluh tahunan bekerja di bidangnya, online pula. Tentu ini sangat memudahkan. Contohnya ya yang akan berlangsung Januari ini. Silakan ikuti ya.

#BikinBukuNonfiksi

Nah, itulah workshop yang biasa saya lakukan. Kadang-kadang saya hanya sebagai pemateri dari kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak lain. Di lain waktu saya mengelola penyelenggaraan workshop dengan pemateri orang lain. Adapun workshop online saya menjadi pemateri untuk pelatihan nonfiksi dan novel. Sementara lainnya semua oleh pihak lain.

Salam menulis,

Ari Kinoysan Wulandari