Writing Guide

Buku panduan penulisan ini bukanlah buku teori, tetapi catatan pengalaman saya selama saya menulis; sejak belia hingga sekarang sudah memiliki lebih kurang 120 buku terbit.

#Manajemen Penulisan Kreatif

Manajemen Penulisan Kreatif ini memuat bahasan mulai dari penulisan kreatif dan manajemennya, cara mengenal karakter diri penulis, tujuan penulisan, jenis-jenis tulisan, memulai menulis, mengatur waktu dan menetapkan deadline, memilih partner kerja yang sesuai, menyingkirkan hambatan penulisan agar naskah dapat selesai tepat waktu.
Dalam buku ini juga terdapat gambaran tentang editing naskah, tata cara publikasi, promosi atau iklan secara mandiri dari penulis, dan mengembangkan kemampuan menulis. Tidak hanya itu, terdapat juga menghitung tarif jasa penulisan yang sesuai, membuat kontrak penulisan, mengatur keuangan, perlu atau tidaknya manajer penulis, dan mengenal karakter klien. Tawaran kerjasama kepada penulis, baik sebagai penulis pendamping, ghostwriter, atau editor freelance — dapat anda pertimbangkan yang paling sesuai.
.
Sebaik-baik penulis berkarya, selalu saja ada kritik dan haters. Buku ini memberikan tips praktis menghadapi kritik dan kebencian tidak berdasar. Selain itu, yang terpenting adalah langkah praktis menggunakan manajemen penulis kreatif, program penulisan naskah satu tahun dan penggunaannya untuk penulisan naskah fiksi maupun nonfiksi.
.
Siapapun dapat menggunakan program penulisan tersebut dengan mudah, terutama bagi anda yang ingin menulis naskah buku solo atau dengan nama anda pribadi.
.
.

 

 

#JadiPenulisFiksi

Menulis fiksi adalah cara menulis yang paling mudah, karena di ranah tulisan ini kita bebas berimajinasi. Tentu saja imajinasi yang kita tuliskan harus benar secara fakta dan data, didukung oleh kemasan bahasa yang menarik sehingga membuat pembaca mau menyelesaikan bacaan yang kita buat.

Jadi Penulis Fiksi

http://andipublisher.com/produk-1004003351-jadi-penulis-fiksi–gampang-kok-.html

#JadiPenulisNonfiksi

Kalau dalam tulisan fiksi kita bebas berimajinasi secara bertanggung jawab, maka dalam tulisan nonfiksi kita cenderung wajib menggunakan data dan fakta secara benar. Tulisan nonfiksi umumnya memakai bahasa yang lugas dan to the point.

Jadi Penulis Nonfiksi

http://andipublisher.com/produk-0716006126-jadi-penulis-nonfiksi–gampang-kok.html

#JadiPenulisSkenario

Model penulisan yang banyak digandrungi pekerja kreatif adalah menulis skenario. Selain karena kerjanya dianggap lebih cepat, duitnya juga lebih banyak dan lebih mudah diterima; selesai tulisan skenario final, honor bisa langsung cair. Berbeda dengan menulis buku atau novel dengan sistem royalti yang baru bisa diterima setelah bukunya laku dan hanya diberikan dalam kurun waktu 6 atau 12 bulan sekali. Buku ini membahas tips trik menulis skenario dan sekaligus menjadi penulis skenario yang profesional.

Jadi Penulis Skenario

#JadiPenulisProduktif

Minat beli masyarakat terhadap buku masih cukup rendah. Kalaupun mereka memiliki cukup uang untuk membeli produk lainnya, belum tentu mereka mau mengalokasikan dananya untuk membeli buku. Oleh karena itu, salah satu syarat menjadi penulis di Indonesia ya kudu kreatif. Nah, anda bisa mengintip tips triknya di buku ini.

Jadi Penulis Produktif

http://andipublisher.com/produk-0214005068-jadi-penulis-produktif-gampang-koqjadi-p.html

Semoga dengan membaca buku-buku tersebut, anda tercerahkan tentang tata cara menulis dan menjadi penulis. Banyak lho yang sukses jadi penulis secara otodidak setelah membaca buku-buku ini.

 

Salam,

Ari Kinoysan Wulandari