Culture

Di sekitar kita ada banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan kebudayaan. Ini sebenarnya hal yang sangat menarik untuk dituliskan di dalam satu buku utuh yang berlabel budaya, seperti berikut ini.

#NamaBayiNusantara

Sekarang ini lebih sulit untuk mengidentifikasi nama seseorang berdasarkan asal usul etnisnya, karena pengaruh pergaulan global. Pencatatan nama-nama asli Nusantara ini merupakan salah satu usaha untuk melestarikannya. Tujuannya tentu agar nama-nama identitas etnis di Indonesia dapat tetap dikenali dan digunakan sebagai pilihan yang membanggakan.

Nama-nama Bayi Nusantara

http://andipublisher.com/produk-0616006099-buku-terlengkap-namanama-bayi-nusantara-.html

#BatikNusantara

Kalau kita membahas batik Nusantara itu seperti membicarakan batik dari ujung ke ujung. Banyak sekali topik dan ulasannya, seperti yang tercatat dalam buku ini. Kita akan mengingat perjalanan sejarah batik, motif, corak, nilai filosofi, cara pembuatan dan industrinya, modernisasi batik, hingga tempat-tempat wisata batik di Indonesia.

Batik Nusantara

http://andipublisher.com/produk-1108003955-batik-nusantara–makna-filosofis-cara-pe.html

#PituturLuhurBudayaJawa

Budaya Jawa merupakan salah satu budaya yang mapan dan besar di Indonesia. Suku Jawa dapat dikatakan tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Mereka memiliki nasihat-nasihat baik yang disebut dengan pitutur luhur. Sekurangnya di buku ini memuat 1001 pitutur luhur budaya Jawa yang sangat populer dan masih terus digunakan oleh masyarakat.

Pitutur Luhur Budaya Jawa

https://shopee.co.id/Pitutur-Luhur-Budaya-Jawa-i.48942189.807397324

#PakuBuwonoX

Raja Jawa yang paling lama berkuasa adalah Paku Buwono X. Ia berkuasa selama 46 tahun di Solo. Sepanjang masa kekuasaannya, sang Raja lebih menggunakan kekuasaannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan melakukan pembangunan besar-besaran di segala bidang. Selain itu, andilnya yang besar dalam mempersiapkan generasi muda terdidik untuk merintah kemerdekaan, membuatnya dianugerahi gelar sebagai pahlawan.

Paku Buwono X

https://shopee.co.id/Mari-Baca-Paku-Buwono-X-Murah-Lo-i.40187737.626957891

Itulah buku budaya yang sudah saya tulis. Silakan dibaca dan dicermati. Mengenal dan membaca budaya, berarti secara tidak langsung anda telah turut melestarikan budaya-budaya Indonesia.

 

Salam,

Ari Kinoysan Wulandari